Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Sabtu, 20 Desember 2008

PROSEDE MORFOLOGI

PROSEDE MORFOLOGI


1. Afiksasi
 Afiksasi adalah penambahan imbuhan yang berupa prefiks, infiks, sufiks, konfiks.
1.1 Prefiksasi
 Prefiksasi adalah pembentukan kata dengan prefiks atau awalan. Prefiks berupa mem-, meny-, me-, meng-, men-, ber-, be-, bel-, pem-, peny- peng-, per-, pe-, ter-, di-. Contoh: ambil menjadi mengambil, pengambil, terambil, diambil. 
1.2 Infiksasi
 Infiksasi adalah pembentukan kata dengan penambahan infiks atau sisipan. Infiks berupa -er-, -el-, -em-. Contoh: gigi mendapat sisipan -er- menjadi gerigi.
1.3 Sufiksasi
 Sufiksasi adalah pembentukan kata dengan penambahan sufiks atau akhiran. Sufiks berupa -kan, -i, -an. Contoh: hidang mendapat akhiran ¬-an menjadi hidangan.
1.4 Konfiksasi
 Konfiksasi adalah pembentukan kata dengan penambahan perfiks dan sufiks. Konfiks berupa per-/-an, ber-/-an, ke-/-an, peng-/-an. Contoh: atur mendapat konfiks ber-/-an menjadi beraturan.
2. Reduplikasi

 Menurut Chaer (2003:182), reduplikasi adalah proses morfemis yang mengulang bentuk dasar, baik secara keseluruhan, secara parsial, maupun dengan perubahan bunyi. Reduplikasi ...........klik disini untuk download full file

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...