Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Minggu, 08 Maret 2009

ANALISIS STILISTIKA PUISI DI SAWAH-SAWAH TUHAN KARYA EKA BUDIANTA

ANALISIS STILISTIKA PUISI DI SAWAH-SAWAH TUHAN KARYA EKA BUDIANTA

Eka Budianta, mungkin salah satu dari sekian banyak penyair negeri ini yang masih memugar hubungannya dengan alam, kampung halaman dan berpenggal-penggal kenangan dimana dia hendak merangkainya, menjadi dunia miliknya seorang. Melalui kata-kata dalam puisinya, kita akan digiring menziarahi hidupnya. Mengajak siapapun merasakan sejuknya belaian angin gunung, lembutnya embun dan melimpahnya cahya dan banyu yang bening.
Eka adalah sosok yang tak pernah bisa tinggal diam melihat lingkungan di negaranya mengalami dekadensi yang luar biasa, menurutnya, hal ini berlangsung karena kesadaran sosial masyarakat untuk ikut berpastisipasi dalam menjaga dan menindak lanjuti isu-isu lingkungan sangat kurang.
Lahir di Ngimbang, Jawa Timur tahun 1956, Eka sudah dekat dengan lingkungan. Saat ini dia telah bermetamoforsis menjadi penyair, penulis cerpen, penulis esai tentang sosial budaya, serta aktivis sosial dan lingkungan. Dia lulus program Lingkungan dan Pembangunan (Leadership for Environment and Development) dengan kerja lapangan di Costa Rica, Amerika Tengah (1995), Ikonawa, Jepang (1996) dan Zimbabwe (1997).
Karena dedikasinya yang besar dalam menjadikan karya-karyanya sebagai suatu pembelajaran dalam bersikap arif terhadap lingkungan, dia mendapat penghargaan dari ASHOKA Foundation. ASHOKA Foundation merupakan sebuah lembaga International yang memperhatikan pengabdi masyarakat di negara-negara yang sedang berkembang seperti India, Indonesia, Brazil, dan sebagainya.
Saya tertarik untuk menelaah salah satu puisi Eka Budianta yang berjudul Di Sawah-sawah Tuhan, yang terkumpul dalam kumpulan puisinya yang berjudul Masih Bersama langit. Puisi ini merupakan transformasi estetika dari bentuk lukisan ke prosa. Dia menjadikan lukisan F. Rahardi sebagai objek yang kemudian ia terjemahkan dalam kata-kata.


Untuk download file ini, silakan klik di sini (PDF File), thanks...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...