Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Minggu, 08 Maret 2009

PENDEKATAN PSIKOLOGIS DALAM PENELITIAN SASTRA

PENDEKATAN PSIKOLOGIS DALAM PENELITIAN SASTRA

Hubungan antara psikologis dengan ilmu kajian sastra sebenarnya telah lama ada, selama usia ilmu itu sendiri. Akan tetapi, penggunaan psikologi sebagai sebuah pendekatan dalam penelitian sastra belum lama dilakukan orang. Sejalan dengan itu, Robert Downs (1961:149) mengemukakan bahwa psikologi itu sendiri bekerja pada suatu wilayah yang ‘gelap’, ‘mistik’ dan paling peka terhadap bukti-bukti ilmiyah. Wilayah ‘gelap’ itu memang ada pada manusia, dan dari wilayah gelap itulah kemudian muncul prilaku serta aktifitas yang beragam, termasuk prilaku kreatif, bersastra dan lain sebagainya.
Secara sederhana, pendekatan psikologis dalam dunia sastra dapat dirumuskan sebagai suatu cara analisis yang bertolak dari asumsi bahwa karya sastra selalu saja membahas tentang peristiwa kehidupan manusia yang merupakan pancaran dalam menghayati dan mensikapi kehidupan; baik kehidupan pribadinya maupun kehidupan masyarakat yang lebih luas.
Penjelajahan ke dalam batin atau jiwa untuk mengetahui lebih jauh tentang seluk-beluk manusia yang unik ini merupakan sesuatu yang menantang dan merangsang. Seiring dengan itu banyak pula peneliti sastra yang mencoba memahami karya sastra dengan bantuan psikologi.


Untuk download file ini, silakan klik di sini (PDF File), thanks...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...