Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Senin, 13 Juli 2009

KRITIK PADA PUISI “KISSAH ZAMAN” KARYA ANAS MA’RUF

Oleh :
Laili Ernawati
2150407018
Sastra Indonesia, S1
Universitas Negeri Semarang


Kritik sastra merupakan kegiatan penilaian terhadap karya sastra. Dalam realitanya, setiap karya sastra bukan materi yang ada dengan sendirinya, melainkan materi yang diciptakan oleh pengarang. Maka kritik sastra dapat mencakup masalah kepengarangan yang bersangkutan dengan hakikat karya sastra, atau mencakup masalah hubungan sastra dengan kemanusiaan. Meskipun perlu ditegaskan bahwa sasaran utama kritik sastra adalah karya sastra atau teks bukan pengarangnya.

Berdasarkan latar belakang dalam rumusan masalah yang diangkat pada penulisan karya ilmiah ini adalah: (a) Bagaimana cara menganalisis puisi ”Kissah Zaman” karya Anas Ma’ruf? (b) Bagaimana cara menginterpretasi puisi ”Kissah Zaman” karya Anas Ma’ruf? (c) Bagaimana cara menilai puisi ”Kissah Zaman” karya Anas Ma’ruf?

Penulisan karya tulis ini juga bertujuan untuk: (a) Mendeskripsi cara menganalisis puisi ”Kissah Zaman” karya Anas Ma’ruf (b) Mendeskripsi cara menginterpretasi puisi ”Kissah Zaman” karya Anas Ma’ruf (c) Mendeskripsi cara menilai puisi ”Kissah Zaman” karya Anas Ma’ruf.

Tinjauan pustaka yang digunakan meliputi pengertian kritik sastra, kedudukan kritik sastra, serta peran dan fungsi kritik sastra. Data dan sumber data karya ilmiah ini diperoleh dari referensi dan buku-buku yang berhubungan dengan materi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu pendekatan penulisan, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan teknik penulisan.

DAFTAR PUSTAKA

Baribin, Raminah. 2004. Paparan Kuliah Kritik Sastra I.
Jassin H.B. 1959. Analisa dan Kesusastraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esai.
Hardjana, Andre. 1981. Kritik Sastra: Sebuah Pengantar.
Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Suharianto, S. 1981. Pengantar Apresiasi Puisi. Surakarta: Widya Duta.
Teeuw, A. 1980. Tergantung Pada Kata. Jakarta: Pustaka Jaya.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
_____________________. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia

Untuk download file silakan klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...