Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Rabu, 28 Oktober 2009

ANALISIS STRATA NORMA PADA PUISI NUH KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Oleh : Alfian Rokhmansyah

 Dari hasil analisis, puisi ini merupakan puisi yang dapat memerikan semangat bagi orang yang membacanya. Dengan penggunaan bunyi yang berat, penyair mengajak pembaca untuk memasuki suasana sedih. Sehingga pembaca dapat merenungi setiap usaha yang dilakukannya untuk mencapai suatu puncak tertentu.
 Amanat yang muncul pada puisi ini adalah bahwa kehidupan yang kelam merupakan suatu usaha atau batu pijak untuk menjadi yang terbaik. Dengan niat dan tekad yang kuat akan dapat menjadi dorongan unuk mencapai puncak atau tujuan yang diinginkan.

Daftar Pustaka
Baribin, Raminah. 1989. Kritik Sastra dan Penilaian. Semarang: IKIP Semarang Press.
_______. 2004. “Kritik Sastra I”. Paparan Kuliah. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Mugijatna. 2008. “Teori Semiotika Puisi Reffaterre dan Ideologi Penyair”. Artikel Konferensi Internasional Kesusastraan XIX. Malang: Batu.
Nuryatin, Agus. 2006. “Teori Sastra 1”. Modul Perkuliahan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
_______. 2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Reffaterre, M. 1978. Semiotics of Poetry. Great Britain: Spottiswoode Ballantyne.
Santoso, Agus Budi. 2007. “Teori Sastra”. Modul. Malang: IKIP PGRI Malang.
Suharianto, S., Drs. 2005. “Pengkajian Puisi”. Buku Ajar. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Suroso, dkk. 2009. Kritik Sastra: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Elmatera.
Suyoto, Agustinus. 2007. “Dasar-dasar Analisis Puisi”. Bahan Ajar. Yogyakarta: SMU Stella Duce 2 Yogyakarta.
Wellek, Rene & Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.

Silakan download full file di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...