Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Selasa, 06 Oktober 2009

Resensi : Lelaki Terindah


Sudah kualami perih karena kehilangan
Sudah kureguk kecewa karena ditinggalkan
Sudah kudidera luka karena dihianati
Semua belum seberapa
Hanya satu derita yang paling menyiksa
Jatuh Cinta
Tapi tak bisa memiliki



Manis namun getir, demikian nukilan puisi yang ditulis oleh Andrei dan ditampilkan sebagai puisi pembuka di dalam bukuya yang ke-4 ini. Andrei Aksana, penulis yang dikenal dengan The Singing Author ini menyajikan cerita dalam kemasan yang unik, bertajuk Lelaki Terindah.

Bukan tema percintaan senenis yang membuat keseluruhan novel ini unik dan menarik, namun gaya tutur sang penulis dan tampilan tokoh bernama AKU, membuat novel ini demikian hidup. Andrei sangat piawai memilih kata. Ia tak malas mencari padanan kata, sehingga kalimat yang mengalir bak irama air, meliuk, kadang berderai, puitis dan romantis menerbangkan imajinasi pembacanya. Pembaca seolah membaca untaian puisi yang panjang. Sebuah karya yang lahir lewat kontemplasi.

Cucu pujangga ternama Sanoesi Pane dan Armijn Pane ini selain menulis, ia berkecimpung di dalam perusahaan retail internasional sebagai Marketing Director. Tak heran bila banyak tempat telah ia kunjungi dan menginspirasinya, menelorkan karya yang tak bisa diabaikan. Andrei Aksana adalah satu-satunya novelis di Indonesia yang menghasilkan novel beserta CD Sountrack yang ia cipta dan nyanyikan sendiri.

Mengukir Mimpi adalah debutnya yang muncul pada 1992, yang cetak ulang hanya dalam lima hari setelah rilis. Disusul novelnya yang lain ; Sebagai Pengganti Dirimu, Cinta Penuh Air Mata, Lelaki Terindah, dan yang paling baru adalah Cinta 24 Jam.

Lelaki Terindah yang diceritakan dalam novel ini adalah Rafky, seseorang yang tampan dan nyaris tanpa cacat. Ia lahir dan dibesarkan di dalam lingkungan keluarga yang menuntutnya menjadi manusia serba sempurna. Kecerdasan dan ketampanannya mampu membius semua orang. Membuat mata tak ingin berpaling. Sosok tubuh yang menjulang, membuat ia menjadi sosok yang sempurna memikat.

Suatu hari dalam perjalanan menuju Thailand, Rafky bertemu dengan Valent, lelaki mapan yang sedang menghitung hari pernikahannya. Rafky yang tampan mencuri perhatiannya. Pun sebaliknya, mata teduh Valent memesona Rafky.

Valent yang kehilangan sosok ayah, membuat ia rindu kasih sayang ayahnya. Valent ingin menyandarkan segala inginnya kepada Rafky. Untuk itulah Valent mengundang Rafky untuk tinggal bersamanya selama liburan di Thailan. Rafky yang anti kemapanan semula menolak, namun akhirnya menerima. Kebersamaan mereka menimbulkan benih-benih cinta. Cinta terlarang tentu saja.

Ketika mereka kembali ke Indonesia, merekapu harus kembali menjadi diri masing-masing. Namun mereka tak mampu menyingkirkan kenyataan bahwa hati mereka terikat satu sama lain.

Rafky yang memiliki Rhea, dan Valent yang dicintai Kinan membuat keduanya (Rafky dan Valent tersiksa). Polemik inilah yang diangkat menjadi cerita yang tak biasa. Tokoh aku, yang diminta Rafky menjadi penulis kisah cinta mereka berdua membuat novel ini menjadi semakin unik.

Andrei juga dengan seksama menceritakan perasaan orang-orang yang dikecewakan ; Ayah dan Ibu Rafky, Juga Rhea..dan Ibunda Valent serta kekasihnya.

Membaca novel ini membuka gerbang kesadaran pembaca, bahwa di luar sana…banyak fenomena serupa, sesuatu yang terjadi dengan sendirinya..atau atas pengaruh lingkungan? Entahlah…

Lelaki Terindah adalah buku ke-4 dari Andrei Aksana. Penulis yang juga dikenal dengan julukan The Singing Author ini membongkar sebuah realita kehidupan percintaan yang menentang norma dalam masyarakat dan mengangkatnya menjadi sebuah cerita yang mengharukan.

Lelaki Terindah mengisahkan tentang kehidupan percintaan antara dua pria. Kisah cinta yang diawali tanpa sengaja. Seperti kata salah satu tokoh dalam novel tersebut 'Bukankan selalu ada awal yang baru?'

Rafky adalah sosok lelaki yang nyaris tanpa cacat. Tubuh yang atletis, wajah yang rupawan, dan kecerdasan yang di atas rata-rata. Ia adalah lelaki yang menarik perhatian hampir setiap orang. Sosok yang begitu memikat sampai satu hari seorang lelaki jatuh cinta padanya.

Pertemuannya dengan Valent di pesawat menuju Thailand tanpa sengaja merupakan awal dari kisah mereka. Valent yang tampan dan lembut menarik perhatian Rafky. Undangannya untuk tinggal bersamanya selama di Thailand diterima Rafky walau ia agak keberatan dengan gaya hidup Valent yang kelewat mewah.

Valent yang kehilangan ayah sejak kecil selalu merindukan sosok lelaki dewasa. Ia tahu sejak kecil ia selalu tertarik pada lelaki lain tetapi ia selalu menolak kehadiran perasaan itu. Tawaran ibunya untuk menikahinya dengan wanita pilihan ibunya ia terima dengan harapan ia bisa hidup normal seperti lelaki lain.

Tapi keberadaan Rafky di sisinya selama libutran di Thailand itu telah menjebol pertahanannya. Hingga satu hari mereka saling jatuh cinta.

Melihat sekilas pada novel terbaru Andrei Aksana ini, yang terlintas dalam pikiran adalah bahwa novel ini pasti akan banyak mengeksploitasi adegan-adegan seks seperti novel-novel lain karya penulis-penulis muda yang marak belakangan ini.

Tapi dari halaman pertama hingga habis, adegan-adegan kemesraan dan percumbuan ternyata dilukiskan Andrei dengan bahasa yang halus dan indah. Bukan bahasa vulgar yang murahan, sehingga tidak ada kesan jijik pada setiap adegan yang disuguhkan.

Tidak hanya sekedar prosa, dalam novel ini, Andrei juga menyelipkan puisi-puisi yang merupakan lompatan-lompatan dari alam pikiran atau perasaan tokoh-tokohnya.

Lelaki terindah tidak hanya menceritakan perasaan-perasaan Rafky dan Valent yang notabene di sebut gay oleh masyarakat, tetapi juga perasaan-perasaan kecewa orang-orang yang berada di sekeliling mereka.

Membaca novel ini kita akan ditujukan pada sebuah kesadaran bahwa percintaan itu bersifat universal. Walau ada semacam kutipan 'Ketika cinta tak memilih jenis kelamin, Cinta pun menjadi terlarang'.

Aku mencintaimu, karena aku mencintaimu.
Tak perlu alasan lain...


SINOPSIS NOVEL LELAKI TERINDAH KARYA ANDREI AKSANA

Novel ini bercerita mengenai kehidupan Rafky dan Valent. Rafky merupakan seorang yang heteroseksual, sedangkan Valent adalah seorang homoseksual. Rafky menyangka bahwa dirinya adalah seorang heteroseksual sejati. Rafky bertemu dengan Valent saat mereka dalam perjalan ke Thailand menggunakan sebuah kapal terbang.

Pertemanan Valent dan Rafky terjadi begitu saja, hingga akhirnya mereka akrab dan Rafky memutuskan untuk tinggal satu kamar dengan Valent saat di Thailand. Ia menyangka rasa sayangnya terhadap Valent hanya sebatas kasih sayang pada seorang teman. Tetapi ternyata ia malah menganggap Valent lebih dari seorang teman.

Melihat wajah manis Valent dan sifat-sifat Valent yang seperti membutuhkan seseorang dalam hidupnya, akhirnya Rafky mengalami pembelokkan pada orientasi seksualnya. Hal ini disebabkan karena Rafky dan Valent telah melakukan hubungan seksual saat mereka berada di Thailand.

Pergulatan batin dalam diri Rafky membuatnya bingung dan tak bisa menerima apa yang terjadi. Akhirnya Rafky pergi meninggalkan Valent di hotel sendiri. Padahal ia tahu bahwa Valent mempunyai penyakit. Setelah mengalami pergulatan batin yang cukup panjang, akhirnya Rafky kembali ke hotel dan menemukan Valent dalam keadaan sekarat. Setelah kejadian itu, Rafky mulai menyayangi Valent lebih dari seorang teman.

Hubungan Rafky dan Valent akhirnya terbongkar oleh ibu Valent. Konflik demi konflik terjadi, hingga pada suatu ketika Valent jatuh sakit. Akhirnya Rafky bersama ibunya menemui Valent dan ibunya. Rafky akhirnya dapat menemui Valent. Kedatangan Rafky ternyata terlambat. Valent telah meninggal. Ibu Valent baru menyadari bahwa cinta Rafky terhadap anaknya begitu besar. Tetapi semua itu tidak dapat kembali, karena waktu tidak dapat diputar ulang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...