Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Rabu, 28 April 2010

CERITA JAKA TARUB DAN MALIN DEMAN DALAM KAJIAN SASTRA BANDINGAN


disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sastra Bandingan

dosen pengampu Prof. Hj. Raminah Baribin


Oleh:

Alfian Rokhamansyah

2150407005/Sastra Indonesia (Ilmu Sastra) S1

Universitas Negeri Semarang


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


PERBANDINGAN CERITA JAKA TARUB DAN CERITA MALIN DEMAN


Kajian sastra bandingan dilakukan atas dia buah karya sastra atau lebih yang telah memenuhi syarat perbandingan sastra. Perbandingan cerita Jaka Tarub dengan cerita Malin Deman telah memenuhi syarat perbandingan karya sastra, yaitu:


No.

Aspek

Cerita

Jaka Tarub

Cerita

Malin Deman

1.

Bahasa

Jawa

Melayu

2.

Wilayah

Jawa (Indonesia)

Melayu

3.

Politik

Kerajaan

Kesultanan

4.

Bentuk/Genre

Prosa (dongeng)

Prosa (dongeng)


Dari tabel di atas terlihat syarat-syarat perbandingan antara cerita Jaka Tarub dan Malin Deman. Kedua cerita telah memenuhi syarat dalam perbedaan bahasa yang digunakan, wilayah atau asal cerita, dan perbedaan politik kenegaraannya. Selain itu, kedua cerita mempunyai persamaan dalam bentuk atau genre-nya, yaitu berbentuk prosa atau dongeng.


Dalam perbandingan prosa, aspek-aspek yang disoroti adalah deskripsi cerita, tema atau motif, tokoh penokohan, alur, dan latar. Keempat aspek ini biasa terjadi kesamaan atau perbedaan dalam karya sastra yang dibandingkan.


Untuk download file analisis ini, silakan klik di sini


(PERINGATAN: DILARANG MENGUTIP SELURUH ATAU SEBAGIAN ISI ANALISIS INI, TANPA MENCANTUMKAN DAFTAR PUSTAKA ATAU CATATAN KAKI, SERTA TANPA SEPENGETAHUAN PENULIS)


1 komentar:

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...