Cari di sini

PERINGATAN !

DILARANG MENGUTIP, MENJIPLAK, ATAU MENG-COPYPASTE-KAN ISI DARI KAJIAN YANG PERNAH DILAKUKAN DAN DIPUBLIKASIKAN DI WEBSITE INI !!

BELAJAR BUKAN DARI HASIL MENJIPLAK TAPI DARI KETEKUNAN DAN KEULETAN DALAM MENCARI PRESTASI. HIDUP BUKAN UNTUK DIBANGGAKAN TAPI UNTUK MEMBANGGAKAN!

Tentang ku

Alfian Rokhmansyah

Lahir di Pemalang pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 1989. Alamat rumah di Jalan Jenderal Sudirman No. 18 RT 007 RW 007 Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Muhammadiyah 02 Comal dan SMP Negeri 1 Comal. Pendidikan menengah diselesaikan di SMA Negeri 1 Pemalang dengan program studi Ilmu Alam.

Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditempuh Sastra Indonesia S1 dengan konsentrasi bidang Ilmu Sastra. Beberapa minggu terakhir ini tengah disibukkan dengan aktivitas bimbingan skripsi bidang kajian resepsi sastra, di tengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Semoga bisa dinyatakan lulus tahun ini dan menjalani wisuda awal tahun 2011.


Add FB ku ya...

Sabtu, 24 Juli 2010

PERILAKU SOSIAL DALAM NOVEL PENGAKUAN PARIYEM KARYA LINUS SURYADI AG.





Oleh
Alfian Rokhmansyah
NIM 2150407005/Sastra Indonesia (Ilmu Sastra)
Universitas Negeri Semarang


Pendahuluan

Novel sebagai bentuk karya sastra merupakan jalan hidup yang di dalamnya terjadi peristiwa dan perilaku yang dialami dan diperbuat manusia (Siswantoro 2005:29). Novel sendiri merupakan gambaran hidup tokoh yang menceritakan hampir keseluruhan perjalanan hidup tokoh. Penokohan serta karakter tokoh dalam novel digambarkan dengan lengkap atau jelas oleh pengarang. Setiap tokoh juga diberi gambaran fisik dan kejiwaan yang berbeda-beda sehingga cerita tersebut seperti nyata atau menjadi hidup. Dari segi kejiwaan, sastra bisa dipelajari dan ditelaah dengan menggunakan teori psikologi.

Novel yang digunakan dalam analisis ini adalah novel Pengakuan Pariyem. Dalam analisis ini novel akan dianalisis dengan menggunakan teori psikologi sosial, yaitu teori tingkah laku, sehingga diperoleh bentuk-bentuk perilaku sosial tokoh utama dalam novel serta faktor-faktor yang memengaruhi perilaku sosial tersebut.

Landasan Teori

1. Psikologi Sosial
Menurut Baron dan Byrne (2004: 14) psikologi sosial adalah bidang ilmiah yang mencoba memahami karakteristik dan penyebab dari perilaku dan pikiran individu dalam situasi-situasi sosial. Sherif dan Muzfer (dalam Sugiyarta 2002) mengatakan bahwa psikologi sosial adalah ilmu tentang pengalaman dan perilaku individu dalam kaitannya dengan situasi stimulus sosial. Stimulus sosial tidak hanya berupa orang-orang yang berinteraksi, melainkan juga dapat berupa benda-benda dan infrastruktur lain yang ada di sekitar manusia.

2. Teori Tingkah Laku
Schutz dengan teori FIRO (dalam Sarwono 1998: 144) mencoba menerangkan perilaku-perilaku antarpribadi dalam hubungannya dengan orientasi (pandangan) masing-masing individu kepada individu-individu lain. FIRO (Fundamental Interpersonal Relation Orientation) adalah teori tiga dimensi tentang tingkah laku antarpribadi.

Ide pokok Schutz dalam tori FIRO adalah bahwa setiap orang mengorientasikan dirinya kepada orang lain dengan cara yang tertentu (khas) dan caranya yang khas ini merupakan faktor utama yang mempengaruhi perilakunya dalam hubungan antarpribadi. Secara singkat teori FIRO adalah pola hubungan antara individu pada umumnya dapat dijelaskan dalam kaitan dengan tiga kebutuhan antarpribadi, yaitu inklusi (keikutsertaan), kontrol, dan afeksi (kasih).

Analisis Psikologi Sosial

1. Perilaku Sosial Tokoh Utama
2. Faktor yang Memengaruhi Perilaku Sosial Tokoh Utama

Daftar Pustaka


  1. Aminudin (Ed.). 1990. Kajian Tekstual dalam Psikologi Sastra. Malang: Asih Asah Asuh.

  2. Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

  3. Baron. Robert A. dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

  4. Hardjana, Andre. 1991. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kansius.

  5. Jabrohim (Ed.). 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

  6. Kartono, Kartini. 1974. Kepribadian dan Mental Higiene. Bandung: Almein.

  7. Rakhmat, Jalaludin. 1986. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

  8. Sarwono, Sarlito Wirawan. 1984. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali.

  9. Semi, Atar M. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

  10. Sugiarta. 2002. Psikologi Sosial-2. Semarang: Unnes.

  11. Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 0

  12. Wellek, Rene dan Austin Warren. 1995. Teori Kesusastraan (diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan anda untuk tulisan ini...